Timika (SinarPapua.com) – Direktur Binmas Polda Papua, Senin (13/5) melaksanakan pertemuan dengan Bhabinkamtibmas dilingkungan Polres Mimika. Kata Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol. Ricko Taruna Mauruh, pertemuan tersebut untuk memberikan semangat kepada Bhabinkamtibmas di lingkungan Polres Mimika agar membangkitkan semangat dan meningkatkan kemampuan kegiatan baik secara teknis ataupun secara pelaksanaan tugas di wilayah kerja.

“Apalagi Bhabinkamtibmas ini yang mengemban fungsi prevemtif sangat diperlukan, sangat dibutuhkan dalam kegiatan terutama sebagai kegiatan fungsi preventif,” ucap Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol. Ricko Taruna Mauruh

Lanjut Kombes Pol Ricko Taruna, Bhabinkamtibmas memiliki berbagai program yang sudah turun dan sudah berjalan seperti door to door sistem kemudain sosialisasi masalah hoax, masalah bantuan sosial kemudian kegiatan FGD terhadap pemecahan masalah di lingkungan Desa binaan itu.

“Dan kegiatan lain yang sudah barang tentu berhubungan dengan tugas dan fungsi preemtif,” tuturnya.

Meski begitu, kata Dir Binmas, personil Bhabinkamtibmas memiliki kendalanya karena memegang rangkap tugas Kepolisian yang seharusnya satu Desa memiliki satu Bhabinkamtibmas tanpak diganggu kegiatan lain.

“Kadang kadang karena terbatas jumlah Kepolisian jadi dia harus melaksanakan kegiatan lain seperti juga sebagai anggota Sabara namun tidak menjadi masalah karena masih bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Menurutnya, personil Bhabinkamtibmas di wilayah Papua masih kurang karena personil Bhabinkamtibmas berada di 1.049 desa sementara desa secara keseluruhan di Papua sebanyak 5.004 desa.

“Semestinya secara optimal 1 desa 1 bhabinkamtibmas. Kusus daerah rawan bisa dibuat 1 desa 2 bhabinkamtibmas atau 3 namun idealnya 1 desa 1 bhabinkamtibmas,” ujar Dir Binmas Polda Papua. (Red)

LEAVE A REPLY