Merauke (SinarPapua.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke menerima pengajuan daftar bakal calon anggota DPRD Kabupaten Merauke dalam Pemilihan Umum 2019 berdasarkan jadwal pengajuan bakal calon dibuka sejak tanggal 4-17 Juli 2018.

Hingga pukul 24.00 Wit, tadi malam, 16 Partai Politik telah mengajukan daftar bakal calon Legislatif ke KPU Kabupaten Merauke.

Partai Politik tersebut adalah Partai Nasdem, PKS, Perindo, PDIP, PSI, PAN, PKPI, Demokrat, PKB, PPP, PBB, Gerindra, Hanura, Golkar dan Partai Berkarya serta Partai Garuda.

Sejumlah Parpol tersebut datang menyerahkan berkas administrasi bakal calon Legislatif (Bacaleg) untuk diverifikasi oleh KPU selaku penyelenggara Pemilu.

Mereka disambut Komisioner KPU Kabupaten Merauke, Gregorius Teguh Raharyo, SE (Devisi Teknis Pemilu dan Hupmas), Seferinus Fenanlampir, S.Sos (Devisi Sosialisasi Pemilu dan SDM), Aryadi, SPd (Devisi Logistik dan Keuangan) dan Maria Kurupat, SH (Devisi Hukum).

Komisioner KPU Kabupaten Merauke Devisi Teknis Pemilu dan Hupmas, Gregorius Teguh Raharyo, SE mengatakan, dalam penerimaan pengajuan bakal calon Legislatif, KPU melihat dua dokumen yakni dokumen syarat Bakal Caleg dan syarat Calon Legislatif. Untuk syarat Bakal Caleg diihat berdasarkan formulir B, B1, B2 untuk menentukan sah tidaknya bakal calon.

“Setelah kami melakukan pemeriksaan dan menerima berkas bakal caleg, dan kami menyatakan bahwa bakal calon legislatif Partai NasDem dan PKS, keduanya sah dan bisa diterima, tinggal kita akan melanjutkan untuk verifikasi faktual. Dalam verifikasi faktual kita akan melihat syarat percalonan dari caleg yang bersangkutan untuk keabsahannya,” beber Gregorius kepada wartawan.

Dia menambahkan, batas waktu untuk pendaftaran bakal calon hingga tanggal 17 Juli 2018 pukul 24.00 Wit. Kemudian batas verifikasi akan dilakukan tanggal 5-18 Juli 2018 dan akan disampaikan kepada Partai Politik, sehingga partai politik dapat melengkapi atau memperbaiki berkas-berkas yang belum lengkap di masa perbaikan, yakni tanggal 22-31 Juli 2018.

“Partai politik belum lengkap nanti akan dilengkapi. Nanti akan kami beritahukan atau umumkan tanggal 19-21 Juli 2018. Masa perbaikannya mulai tanggal 22-31 Juli 2018,” tandas Gregorius.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Merauke, Jus Jefri Kaunang, SE mengatakan, dalam pengajuan bakal Calon Legislatif, semua kursi di 5 Daerah Pemilihan (dapil) I, II, III, IV dan dapil V terisi dengan kuota keterwakilan 30 persen perempuan terpenuhi. Keterwakilan perempuan Partai Demokrat bahkan lebih di atas 30 persen, yakni 41,37 persen.

“Target kita tidak muluk-muluk, semua kursi di lima dapil terisi. Satu dapil satu, itu sudah luar biasa. Bukan kita pesimis, tetapi kita jangan terlalu gede rasa dan harus sesuai realita yang ada. Kita upayakan bila mana kita kerja baik per dapil ada perwakilan,” ujar Jefri Kaunang kepada wartawan di halaman Kantor KPU, tadi malam.

Perihal berkas pengajuan Bacaleg Partai Demokrat, kata Jefri, sesuai yang diminta PKPU semua itu lengkap semua. Tinggal masing-masing calon berkas itu yang akan diperiksa atau diverifikasi KPU.

“Kami sudah diminta oleh penyelenggara KPU untuk mengajukan perwakilan dari partai untuk sama-sama memverifikasi berkas masing-masing calon,”ucapnya.

Menurut Jefri Kaunang, penyebab semua partai mendaftar di hari terakhir salah satunya adalah keterlambatan PKPU yang baru turun Juni 2018 yang mencantumkan persyaratan yang harus dipenuhi Parpol dalam pengajuan pendaftaran Bakal Caleg ke Komisi Pemilihan Umum.

“Yang jelas kita kan punya tradisi, dan sudah mengikuti berapa kali Pemilu biasanya hari-hari terakhir baru partai mendaftar. Tapi memang ada keterlambatan, sebetulnya bukan dari kami partai sebgai peserta Pemilu. Kami sudah mempersiapkan semuanya sesuai dengan tahapan Pemilu dan sudah dijadwalkan sejak tahun lalu. Kenapa terlambat, karena PKPU baru turun 30 Juni 2018 kemarin, terkait persayaratan. Kemarin kan kita mengacu pada Pemilu 2014, persyaratan, blanko-blanko pengisian dansebagainya model B1-B-11. Kalau sekarang ini walaupun terlambat tapi agak ringan seperti biaya meterai hanya untuk beberapa formulir,” terangnya.(Amie)

LEAVE A REPLY