Timika (SinarPapua.com) – Polres Mimika, Rabu (12/6) melaksanakan razia cipta kondisi di area Distrik Kwamki Narama Kabupaten Mimika. Menurut Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, cipta kondisi tersebut karena pihaknya mendapat informasi dari tokoh masyarakat bahwa ada usaha dari sekelompok massa untuk memindahkan perang yang terjadi di Ilaga Kabupaten Puncak ke Timika Kabupaten Mimika. Sehingga sekelompok warga yang disinyalir mengadakan konflik langsung diamankan.

“Kemarin kita berhasil mengamankan 15 orang, 4 diantaranya kedapatan membawa senjata tajam sehingga akan diproses untuk penegakan hukum, sementara lainnya sedang diamankan,” ucap Kapolres kepada wartawan di Kwamki Lama.

Kata Kapolres, pihaknya mengantisipasi agar konflik dari daerah lain jangan sampai terjadi di Timika. Oleh karenanya, lanjut Kapolres, pihaknya menggelar razia yang sifatnya stasioner dan mobile. “Yang pertama kita laksanakan razia setiap kendaraan yang masuk ke Kwamki Lama, Satuan Pemukiman (sp12) dan sp8. Ketika ada kendaraan yang masuk ke sini (kwamki lama) dan didapati penumpang melebihi dua orang pasti akan digeledah dan di amankan apabila ditemukan senjata tradisional dan senjata tajam,” tuturnya.

Menurut Kapolres, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemda Mimika melalui Sekda dan Ketua DPRD agar menyiapkan pesawat dan mengembalikan warga warga tersebut ke daerah asal yakni Ilaga.

“Saya sudah bicara dengan Sekretaris Daerah Mimika dan Ketua DPRD untuk menyiapkan pesawat untuk dikembalikan ke Ilaga,”

“Kita memberikan warning kepada pihak pihak yang memanfaatkan kesempatan untuk bisa membuat masalah di Timika kususnya di wilayah Kwamki Narama.

“Mari kita sama sama pelihara Kabupaten ini agar suapaya tetap aman dan kondusif karena apabila ada kedapatan membawa sajam atau membuat gangguan kamtibmas pasti kita akan tegakan hukum,” tegas Kapolres.

Pantauan sinarpapua.com di Kwamki lama, pihak Kepolisian telah melakukan penyitaan puluhan anak panah dan busur serta senjata tajam (parang) yang dimiliki warga saat digelar razia. (Red)

LEAVE A REPLY