Timika (SinarPapua.com) – TNI Polri langsung bergerak menuju Distrik Mimika Barat dan Distrik Amar untuk memastikan kebenaran informasi bahwa beberapa warga di kedua Distrik itu terserang penyakit muntaber.

Senin (7/1) sekitar Pukul 04.45 wit, personil TNI Polri yang terdiri dari 7 orang tenaga kesehatan dan 9 orang bagian pengamanan berangkat di kedua Distrik itu mengunakan speedboat dari Dermaga Kompi D Distrik Mimika Timika.

Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Pio Nainggolan mengatakan, setelah pihaknya mendengar informasi ada warga yang mengalami diare dan muntaber di Distrik Mimika Barat dan Distrik Amar dari salah satu staf Distrik Mimika Tengah, pihaknya langsung berkordinasi dengan Polres Mimika untuk melakukan bantuan kesehatan dan pendistribusian obat obatan.

“Pukul 19.00 malam sebenarnya kami sudah siap berangkat namun karena air turun sehingga personil baru berangkat jam 04.45 wit pagi tadi,” ucap Dandim kepada sinarpapua.com melalui telpon sellular, Senin (7/1)

Nainggolan menjelaskan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Lanal Timika untuk menggunakan salah satu unit kapal milik TNI Angkatan Laut guna melakukan evakuasi para pasien jika penyakit yang diderita butuh rujukan ke RSUD Mimika.

“Kami sudah koordinasi dengan lanal timika untuk memakai kapal milik TNI Angkatan Laut guna melakukan evakuasi terhadap para pasien yang butuh rujukan ke timika. Tapi Lanal Timika mengalami kendala karena stok bahan bakar minyak solar tidak mencukupi,”

“Kami sedang komunikasi dengan pihak Freeport, siapa tau mereka dapat membantu memberikan bbm karena kapal milik TNI Angkatan Laut menggunakan solar bukan solar sel. Mudah mudahan mereka dapat membantu karena ini adalah bantuan kemanusian,” tutur Dandim.

Para personil langsung di pimpin Danramil 1710-01 Kokonao Kapten Inf Rustam Pauwah. Adapun jumlah personil yang berangkat dari Kodim dan Polres Mimiks yakni:
Kodim : 7 Orang, (Tim Pengamanan), Rumkitban : 3 Orang, (Tim Kesehatan) dpp. Lettu Ckm Samsul Bahri (Karumkitban Timika). Serta dari Polres Mimika 4 Orang, (Tim Kesehatan) dpp. Brigadir Ismail (Paurkes Polres), Pol Airud : 2 Orang, dpp. Bripka Rusli serta dibantu 1 Orang (Motoris) dari warga.

Sebelumnya Minggu (6/1) petugas Distrik dari Mapuruka dan Atuka mendapat informasi melalui telpon selular bahwa beberapa warga di kedua distrik tersebut telah diserang penyakit muntaber sejak 1 pekan kemarin. Sementara petugas medis di kedua distrik itu tidak berada di tempat sehingga pasien telah menumpuk di Puskesmas. (Red)

LEAVE A REPLY